Saturday, June 7, 2014

MAWAR TAHAN LAMA


ilustrasi
AGAR MAWAR TAHAN LAMA
Mempertahankan kesegaran bunga mawar sangat mudah dilakukan, cukup mengganti air dan memotong pangkal tangkai bunga. Anda bisa menikmati keindahan mawar lebih lama.

Bunga potong bagian tanaman yang masih hidup, walau sudah terpisah dari tanaman induknya. Sisa masa hidupnya inilah yang dijadikan dasar pemeliharaan dalam vas agar umur dan kesegarannya dapat diperpanjang seoptimal mungkin.

Agar tahan lebih lama, mawar adalah salah satu bunga potong populer, harus dalam kondisi masih segar. Tangkainya dipotong miring agar permukaan yang menyerap air lebih lebar sehingga pengisapan air berjalan baik.

Tiap hari air dari vas diganti. Air basi yang berbau kurang sedap dikeluarkan, diganti air baru yang masih segar. Ketika mengganti, bagian bawah tangkai bunga yang agak busuk dipotong dan bagian tangkainya yang berlendir dicuci dengan air bersih.

Cara lain ialah memakai obat pengawet untuk memperpanjang hidup dan kesegaran mawar. Dengan merendam tangkai bunga dalam larutan pengawet mengandung perak seperti Chrysal AVB, Floever (Florisant) selama 2 – 4 jam, dan setelah itu dimasukkan dalam air bersih, dapat mengurangi kepekaan bunga terhadap etilen sehingga tidak cepat keriput.
Sumber : TRUBUS – TH XXIX – MEI 1998

No comments:

Post a Comment

TUGAS 5. KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN PERTANIAN

Tugas Kebijakan dan Perencanaan Pembangunan Pertanian untuk Mahasiswa Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia (UM...