Thursday, July 2, 2015

MANAJEMEN KEUANGAN - INTERNATIONAL FINANCE

Tugas   : Manajemen Keuangan
Dosen  : Prof. Dr. Syamsu Alam, SE., M.Si


Resume
INTERNATIONAL FINANCE


Oleh
F A I S A L
P1000214005


PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2015


INTERNATIONAL FINANCE
Dunia bisnis sudah mengubah konsep manajemen dari konvensional ke modern. perubahan konsep tersebut adalah sebuah tuntutan zaman, jika perusahaan tidak menerapkan maka artinya perusahaan akan ditinggalkan oleh konsumen. Segala aktivitas bisnis bisa dilakukan dengan lebih sederhana  tanpa ada beban dan tekanan, permasalahan hanya satu yaitu kecepatan dalam mengambil keputusan secara baik dan akurat. Kondisi ini tidak terkecuali pada saat transaksi bisnis mengikutkan dipergunakannya valuta asing sebagai alat pembayaran. Para manajer keuangan berusaha kuat dengan menerapkan berbagai formula yang mampu menetapkan dan memperkirakan kestabilan valas secara konstan dalam suatu kurun waktu akuntansi.
Manajemen keuangan internasional merupakan suatu ilmu yang membahas secara komprehensif tentang keadaan keuangan suatu perusahaan yang memiliki keterkaitan dengan situasi lalu lintas transaksi dalam mata uang asing, serta keputusan-keputusan perusahaan yang masuk dalam pasar bisnis internasional.
Dalam beberapa persoalan umum yang terjadi dalam manajemen keuangan internasional yang harus dipahami oleh manajemen keuangan, yaitu:
  1. Setiap transaksi dicatat dalam mata uang asing. Sehingga perhitungan dan analisis tentang pergerakan foreign currency harus terus diamati, baik pergerakan secara jangka pendek maupun secara jangka panjang.
  2. Setiap perusahaan harus memiliki cadangan dalam mata uang asing (reserve in foreign currency).
  3. Kebijakan pemerintah, khususnya bank sentral dalam memutuskan dan mengendalikan peredaran mata uang asing di dalam negeri sering tidak sesuai dengan keinginan dan konsep manajemen keuangan perusahaan.
  4. Masih lemahnya kualitas SDM dari para manajer keuangan setiap perusahaan dalam memahami kondisi fluktuatifnya pergerakan keuangan di pasar internasional.

Multinasional coorporation (perusahaan multinasional) adalah perusahaan yang berkedudukan di negara asal namun memiliki kantor cabang di berbagai negara di dunia, serta produk yang dimiliki terpasarkan ke berbagai negara di dunia. Perusahaan multinasional termasuk memiliki karyawan dari berbagai latar belakang negara.
Valuta asing adalah mata uang yang dipakai sebagai alat transaksi yang berbentuk mata uang dari negara lain. Valuta asing tersebut dapat berbentuk kertas dan koin, serta umumnya memiliki nilai fluktuatif di pasaran. Fluktuatif terjadi disebabkan oleh berbagai faktor yang mendorong menguat dan melemahnya nilai tukar mata uang negara yang bersangkutan.
Valuta asing dengan segala bentuknya telah melahirkan berbagai masalah di dalamnya, termasuk timbulnya resiko-resiko tertentu. Karena itu perlu dipahami pengertian dari resiko valuta asing tersebut. Resiko valuta asing (valas) merupakan resiko yang disebabkan oleh perubahan kurs valuta asing di pasaran yang tidak sesuai lagi dengan yang diharapkan, terutama pada saat dikonversikan dengan mata uang domestik.

Keuntungan dan Kerugian Pergerakan Valas bagi Kinerja Keuangan Perusahaan. 
Secara umum keuntungan dan kerugian yang berasal dari pergerakan nilai tukar mata uang asing diperlakukan sebagai berikut:
a.       Transaksi yang mengakibatkan laba atau rugi ditranlasikan pada nilai mata uang rata-rata yang berlaku selama tahun berjalan
b.      Aktiva dan kewajiban dalam neraca penutupan ditranslasikan pada nilai tukar yang berlalu pada tanggal penutupan laporan
c.    Aktiva bersih pada neraca awal dinyatakan kembali dengan nilai tukar pada saat penutupan, yaitu selisih dari tahun sebelumnya akan dimasukkan dalam cadangan
d.      Perbedaan nilai tukar atas pinjaman dalam bentuk mata uang asing yang secara langsung dinaikkan untuk memberikan pembendung terhadap aktiva tetap di luar negeri akan dimasukkan dalam cadangan dan akan di-offset terhadap perbedaan nilai tukar atas aktiva tersebut

Alasan Dipergunakan Mata Uang Dolar Amerika sebagai Kesepakatan dalam Transaksi Bisnis. 
Ada beberapa alasan yang menyebabkan dollar Amerika dipergunakan sebagai alat ukur dalam pembayaran adalah berdasarkan pada berbagai analisa, seperti:
a.       Faktor kestabilan dolar dibandingkan dari berbagai mata uang lainnya diseluruh dunia
b.      Faktor telah seringnya dipakai mata uang dollar selama ini sebagai alat pembayaran setiap transaksi perdagangan internasional
c.       Faktor stabilitas ekonomi Amerika yang dianggap oleh banyak pengamat memiliki tingkat kestabilan yang lebih kuat dibandingkan banyak negara lain.

Pertanyaan :
1. Point penting dalam mempelajari international finance :
Ada banyak alasan yang melatarbelakangi suatu perusahaan harus masuk ke pasar bisnis internasional. Secara umum ini disebabkan oleh beberapa alasan, yaitu:
a.       Ingin memperluas pangsa pasar dari domestik ke pasar internasional.
b.    Menghindari penurunan penjualan secara jangka panjang. Ketika suatu perusahaan menjual produknya ke pasar dalam negeri maka dimungkinkan suatu saat akan mengalami masa kejenuhan.
c.       Keputusan ekspansi ke pasar internasional merupakan bentuk ekspresi pihak manajemen dan komisaris perusahaan untuk menguji pasar internasional secara lebih realistis.
d.      Perusahaan membutuhkan bahan baku, SDM, teknologi yang berasal dari negara lain.
2. Mata uang dinar dapatkah digunakan sebagai mata uang dalam perdagangan international untuk menggantikan dollar :
Mata uang dinar dapat digunakan sebagai mata perdagangan internasional untuk wilayah arab saja karena mempunyai kesamaan budaya dan agama sehingga uang dinar dapat diterima atau berfungsi dalam pedagangan. Mata uang dinar belum dapat diterima di daerah yang dominan non muslim atau negara barat karena mata uang dinar tidak mengalami fluktuasi atau tetap, walaupun negara mengalami suatu keadaan yang mengganggu keamanan maupun perekonomian lagi mengalami penurunan.
Uang dollar dapat diterima atau disepakti sebagai mata uang yang digunakan dalam perdagangan internasional .Pada saat berbagai negara di dunia terlibat dalam transaksi perdagangan internasional dan kesepakatan pembayaran yang diterapkan adalah dalam bentuk dollar Amerika Serikat maka secara otomatis ini akan menimbulkan beberapa ekses, yaitu:
a.    Terjadi peningkatan lalu lintas mata uang dollar Amerika Serikat yang lebih tinggi dari biasanya karena pemakaian yang tinggi
b.  Kebutuhan dolar Amerika Serikat adalah menjadi sesuatu yang dominan. Karena dipakainya mata uang dollar sebagai salah satu mata uang acuan untuk melihat nilai kurs.
c.       Terjadinya fluktuasi dollar Amerika Serikat dipasaran. 
d.    Perbankan harus memiliki cadangan dolar Amerika Serikat yang mencukupi di pasaran. Jika tidak, maka pada saat dollar di pasaran tinggi perusahaan tidak harus membeli dollar karena kebutuhan namun sudah tersedia di kas perusahaan
e.      Kebijakan federal reserve atau bank sentral Amerika Serikat menjadi sangat penting untuk diamati. Dimana berbagai pihak baik para pedagang dan pebisnis lainnya harus selalu memperhatikan dengan cermat berbagai kebijakan bank sentral Amerika Serikat tersebut, .
f.       Mata uang dollar Amerika tidak lagi dianggap sebagai alat transaksi namun lebih jauh dari itu, yaitu sebagai komoditi untuk diambil keuntungan yaitu dengan membeli dollar pada harga rendah dan menjualnya pada harga tinggi.

No comments:

Post a Comment

TUGAS 5. KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN PERTANIAN

Tugas Kebijakan dan Perencanaan Pembangunan Pertanian untuk Mahasiswa Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia (UM...