Sunday, April 6, 2014

UNIVERSITAS NEGERI DI KOTA MAKASSAR – SULAWESI SELATAN


Universitas negeri yang terdapat di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin dan Universitas Negeri Makassar (UNM)

MAKNA LOGO UNIVERSITAS HASANUDDIN

Ayam jantan, tegak di atas benteng kekukuhan tempat berpijak, membawa serta pada dirinya simbol-simbol kemauan keras, kebebasan berfikir, berjiwa besar untuk mencapai keseluruhan ilmu pengetahuan, kebahagian dan kesentosaan hidup dalam mengabdi kepada kejayaan nusa dan bangsa.


Unsur-unsur Lambang

·         Ayam jantan melambangkan sifat dan pribadi Sultan Hasanuddin yang mencerminkan sikap intelek, berjiwa besar dan militan dalam bergerak ke arah kemajuan.
·         Pohon Lontar, lambang ilmu pengetahuan tentang keserbagunaan manfaat yang diberikannya kepada umat manusia untuk kesejahteraan lahir batin.
·         Benteng, mengingatkan kejayaan bahari tempat UNHAS berdiri. Benteng-benteng Somba Opu, Ujungpandang, dan Tallo melindungi kota Makassar, mendorong tekad patriotik dan dinamik untuk berjasa kepada tanah air.
·         Buah Padi dan Daun Kelapa, menggugah semangat untuk hidup makin berisi kian merunduk, dan keunggulan berdiri tegak menghadang badai dan taufan, seperti pohon kelapa yang menghiasi persada tanah air.

Unsur-unsur warna

·         Kuning, melambangkan kedewasaan, kemuliaan, dan kesatriaan.
·         Hijau, melambangkan kesuburan dan harapan.
·         Putih, melambangkan garis-garis kesucian, ketulusan, dan keapikan.
·         Merah, melambangkan semangat dan cinta kepada tanah air.
·         Hitam, melambangkan kedalaman ilmu pengetahuan dan kebulatan tekad untuk mencapai pribadi yang utuh.


Konstruksi
Harpa atau kecapi, terukir ragam hias Indonesia, mewakili kehidupan artistik Nusantara, untuk pembinaan seni budaya dan keluhuran bangsa dan tanah air Indonesia.


MAKNA LOGO UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR


Penjelasan Logo UNM
Lingkaran yang berwarna terang sebagai simbol pusat penerang diibaratkan UNM menjadi Pusat Kajian Ilmu Pengetahuan,teknologi dan/atau kesenian. pada lingkaran kecil terdapat tiga bentuk segitiga bermakna ganda yakni Lontara dan Layar Perahu Pinisi sebagai ciri khas daerah Sulawesi Selatan.
Bentuk Segitiga berjumlah tiga bermakna Tridarma perguruan tinggi, condong kekanan menunjukkan kearah hal-hal yang baik.
Bagian Luar lingkaran kecil terbagi atas dua bagian yaitu :   
  • Bagian atas menyimbolkan angin dan api bentuk lidah api yang meyerupai mahkota terdiri atas tujuh buah yang menyimbolkan pegangan hidup masyarakat Sulawesi Selatan, sebagai pertanda kematangan kemandirian seseorang yang mengibaratkan mahasiswa UNM tidak diluluskan sebelum ia memiliki bekal yang dapat dipergunakan dalam berwirausaha ataupun kegiatan lain di masyarakat. Bentuk lidah api mengandung makna bahwa para alumni UNM diharapkan menjadi pelopor dalam pembangunan dan kegiatan dalam masyarakat.
  • Bagian bawah menyimbolkan tanah air. pada bagian bawah terdapat empat bidang yang menggambarkan dasar falsafah hidup masyarakat Sulawesi Selatan dengan istilah Sulapa Eppa (empat persegi).

Empat persegi mempunyai arti bahwa manusia berasal dari empat unsur yaitu tanah, air, api, dan angin, dan dimaknakan pula empat kesadaran yakni: sadar akan diri sendiri, sadar akan keberadaan orang lain (sesama), sadar akan semesta beserta isinya dan sadar akan adanya Tuhan Pencipta segalanya.
Garis Horisontal berombak di dalam menandakan bahwa pada awal berdirinya, UNM memiliki enam fakultas dan tetap jaya dalam tantangan. warna keseluruhan terdiri atas gelap dan terang sebagi simbol siang dan malam, yang memaknakan bahwa manusia tidak dapat lepas dari kedua suasana, yakni: terang mengandung suci/agung, gelap mengandung makna kedalaman/ketekunan. Garis-garis terang membagi bidang-bidang gelap menandakan bentuk dinamis yang menyimbolkan UNM selalu dinamis dalam mengikuti perkembangan saman

MAKNA LOGO UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN


Arti Lambang
  1. Bentuk lambang adalah garis lengkung membentuk lima sudut, melambangkan sila dari Pancasila;
  2. Dua bulu angsa yang pangkalnya berbentuk pena, melambangkan keilmuan;
  3. Konfigurasi kubah mesjid yang dibentuk oleh lengkungan bulu angsa dan pita melambangkan keislaman;
  4. Kitab Al-Qur'an yang terbuka, melambangkan dasar keilmuan Islam;
  5. Garis 17 ( tujuh belas ) pada pita, garis 8 (delapan) pada kitab Al-Quran dan garis 45 ( empat puluh lima ) pada kedua belah bulu angsa , melambangkan hari kemerdekaan Indonesia;
  6. Tiga simpul pada pangkal bulu angsa, melambangkan kesatuan iman, Islam dan ihsan;
  7. Warna dasar Hijau daun melambangkan kedamaian dan warna kuning tua pada garis lengkung melambangkan kemuliaan dan kebesaran jiwa;
  8. Gambar perahu Pinisi dengan dua tiang dan tujuh layarnya berkembang di antara Al-Quran dan tiga simpul pada pangkal bulu angsa merupakan ciri khas daerah tempat Uin Alauddin berada;
  9. Tulisan UIN Alauddin Makassar berwarna hitam terletak ditengah - tengah pita.

No comments:

Post a Comment

TUGAS 5. KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN PERTANIAN

Tugas Kebijakan dan Perencanaan Pembangunan Pertanian untuk Mahasiswa Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia (UM...