Tuesday, September 4, 2012

PILIH-PILIH PAKAN IKAN


BEDA MULUT BEDA PAKAN

Ada ikan yang hidup di permukaan, ada juga yang main di dasar. Beri mereka makanan sesuai kebiasaan masing-masing.

Produsen pakan ikan umumnya membuat pakan sesuai kebutuhan ikan. Selain nutrisinya tepat, bentuk dan ukuran pakan pun dibuat agar mudah disantap sang ikan. Bahkan berdasarkan sifatnya, ada pakan yang tenggelam, melayang dan terapung. Agar pakan yang dibeli tidak terbuang sia-sia, pilihlah pakan yang sesuai karakter ikan.

Beda Anatomi Tubuh
Setiap jenis ikan memiliki anatomi tubuh yang berlainan. Ikan yang biasa hidup di permukaan air umumnya ditandai dengan tubuh berbentuk datar di bagian atas dan sirip punggung rata. Ciri lain, bentuk mulut menghadap ke atas. Ikan yang memiliki ciri seperti itu antara lain killi (Aphyosemion coeleste), guppy, platy, black moly, dan sailfin moly. Tipe ikan itu menghendaki jenis pakan yang mengapung. Dipasaran, ada pakan yang berbentuk serpihan (flake) atau butiran (granula).
Sementara jenis ikan yang menghuni bagian tengah akurium dicirikan oleh sirip berbentuk segitiga dan mulut lurus ke depan. Contohnya ikan neon tetra, kardinal tetra, sumatera (Puntius tetrazona), angel fish, dan manvis. “Ikan-ikan tersebut membutuhkan pakan yang tahan lama di tengah akuarium atau melayang. Pakan seperti itu biasanya disajikan dalam bentuk tablet yang akan melayang di dalam air. Dengan begitu ikan bisa menyantap sedikit demi sedikit sampai habis.

Lain lagi dengan ikan yang senang menempati dasar akuarium. Tanda-tandanya bagian perutnya datar, mulutnya menghadap ke bawah. Ikan tersebut akan senang jika diberi pakan tenggelam (sinking). Ikan jenis ini meliputi cat fish, botia, corydoras, ikan sapu-sapu, dan borneo sucker (Gastromyzon borneensis).

Prioritas Ikan Permukaan
Bila anda memelihara ikan berbagai tipe dalam satu akuarium, prioritakan pemberian pakan bagi ikan permukaan. Setelah itu giliran yang berada dibawahnya. Umumnya ikan yang tinggal di bawah butuh sedikit pakan, karena mereka sudah dapat sisa pakan penghuni akuarium bagian atas.

Selain bentuk, ukuran pakan pun harus diperhatikan. Ikan berbadan kecil tentu menghendaki pakan lebih kecil pula. Berbagai merek pakan ikan sengaja menyediakan pakan ikan khusus buat burayak. Ukuran pakan kecil, kandungan nutrisinya berbeda dengan pakan ikan dewasa.

Mana yang cocok untuk ikan Anda, tinggal pilih.
Sumber : flona, april 2004

No comments:

Post a Comment

TUGAS 5. KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN PERTANIAN

Tugas Kebijakan dan Perencanaan Pembangunan Pertanian untuk Mahasiswa Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia (UM...