Sunday, May 8, 2011

MERAWAT SANG PERMADANI HIJAU

MERAWAT SANG PERMADANI HIJAU (RUMPUT)
Rumput sering dianalogikan sebagai sebuah permadani hijau yang membentang di taman. Meski hanya sebatas warna hijau dan bentuknya pun begitu-begitu saja, kehadiran rumput tetap diperlukan sebagai pelengkap keindahan taman.
Namun ternyata perawatan rumput tidaklah semudah dibayangkan. Seringkali rumput tidak bertahan lama,sehingga harus mengulang kembali tahap awal, yaitu membeli rumput baru. Sebenarnya perawatan seperti apakah yang dibutuhkan?
1.       Proses penanaman memegang peranan penting pada pertumbuhan rumput di kemudian hari, pastikan bahwa tanah yang hendak ditanami cukup lembab dan tidak ada batu-batu kerikil yang bisa mengganggu pertumbuhan rumput.


2.    Tanamlah rumput di area yang cukup banyak mendapat sinar matahari agar dapat tumbuh dengan optimal. Pohon atau tanaman lain sebaiknya diletakkan dengan cara membingkai rumput. Namun bila ingin memberi tanaman di tengah taman, sebaiknya menggunakan pot agar tanaman mudah dipindahkan dan memberi kesempatan bagi rumput mendapat sinar matahari yang cukup.

3.       Penyiraman, tentu saja tahap ini memegang peranan penting untuk menjaga kelembaban dan kesuburan rumput. Penyiraman harus dilakukan dengan saksama untuk menjamin tanah di bagian bawah cukup lembab yang dapat membantu menjaga kesuburan rumput. Bila menggunakan jenis rumput yang tebal, usahakan untuk menyiram sedikit lama agar air tidak hanya membasahi permukaan tanah saja. Siramlah rumput beberapa kali dalam seminggu.

4.       Apabila pertumbuhan rumput lamban atau bila terinjak meninggalkan jejak kaki yang tidak segera hilang, hal ini merupkan indikasi bahwa rumput membutuhkan air lebih banyak.

5.       Pangkaslah rumput secara berkala, selain untuk menjaga keindahan juga untuk merangsang pertumbuhan rumput. Potonglah rumput tidak perlu selalu dibersihkan, karena bisa menjadi pupuk alami yang baik bagi rumput. Namun hal ini sebaiknya dilakukan bila potongan rumput tidak terlalu tebal, untuk itu biasakan memangkas rumput sebelum terlalu tinggi.

6.       Cabutlah rumput liar yang kadang tumbuh di antara rumput kesayangan Anda. Bila dibiarkan, rumput liar tersebut dapat mengganggu pertumbuhan rumput dan lama-kelamaan menyebabkan rumput mati.
Sumber : Kompas

No comments:

Post a Comment

TUGAS 5. KEBIJAKAN DAN PERENCANAAN PERTANIAN

Tugas Kebijakan dan Perencanaan Pembangunan Pertanian untuk Mahasiswa Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia (UM...